• +62 8116 752 000
  • humas@unsyiah.ac.id

Sistem Seleksi

Sistem musabaqah dilaksanakan dalam dua babak, yaitu babak penyisihan dan babak final, kecuali cabang Musabaqah Fahmil Qur’an (FQ) dan Musabaqah Debat Ilmiah Kandungan Al-Qur’an dalam Bahasa Arab (DIA) dan Bahasa Inggris (DII) yang dilaksanakan dalam tiga babak (penyisihan, semi final, dan final). 

Maqra’ dan paket soal musabaqah dibuat oleh Tim Pakar yang ditunjuk dan ditentukan oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan yang terdiri dari unsur Perguruan Tinggi dan LPTQ Tingkat Nasional. 


1. Seleksi Tingkat Perguruan Tinggi

  1. Seleksi musabaqah di tingkat Perguruan Tinggi Negeri ditentukan oleh masing masing pimpinan perguruan tinggi sesuai dengan bidang Musabaqah yang dilombakan. 
  2. Untuk Perguruan Tinggi Swasta, LLDIKTI Wilayah dapat melakukan seleksi di wilayah masing-masing. 
  3. Hasil seleksi Musabaqah dijadikan acuan pimpinan di perguran tinggi bidang kemahasiswaan untuk menentukan mahasiswa terbaik yang akan diikutsertakan dalam seleksi tingkat nasional, yakni MTQ Mahasiswa Nasional XVI Tahun 2019 ini.

    2. Seleksi Tingkat Nasional

    1. Seleksi Musabaqah di tingkat nasional ditentukan berdasarkan ketentuan yang ditetapkan dalam buku pedoman MTQ Mahasiswa Nasional XVI 2019 ini.
    2. Hasil MTQ Mahasiswa Nasional XVI Tahun 2019 ini akan dijadikan acuan oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan untuk mengikuti MTQ pada tingkat ASEAN, Asia, atau Internasional, apabila ada peluang untuk itu.