• +62 8116 752 000
  • humas@unsyiah.ac.id

Musabaqah Khaththil Qur’an (KQ) Golongan Dekorasi dan Kontemporer

  1. Musabaqah Khaththil Qur’an golongan dekorasi adalah bidang musabaqah menulis indah Al-Qur’an yang menekankan kebenaran dan keindahan tulisan menurut kaidah khath yang baku dan dipadukan dalam media yang berornamenseperti dekorasi interior/eksterior masjid dan bangunan-bangunan yang bernuansa Islam. 
  2. Musabaqah Khaththil Qur’an golongan kontemporer adalah bidang musabaqah menulis indah Al-Qur’an yang menekankan kebenaran dan keindahan tulisan menurut kaidah khath yang baku dan penonjolannya tampak pada gaya khath kontemporer yang dipadukan dalam bidang lukisan. 
  3. Peserta bersifat perorangan (putra dan putri) 
  4. Materi musabaqah (maktub) adalah ayat-ayat tertentu yang akan disampaikan panitia pada saat pelaksanaan musabaqah dengan menggunakan kombinasi gaya tulisan khath, seperti: Naskhi, Riq’iy, Tsulutsi, Diwani, Farisi, Kufi, dan Diwani  Jali. 
  5. Tempat lomba merupakan arena antar peserta harus diberikan jarak yang cukup.
  6. Perlengkapan peserta, seperti: meja, kursi, dan media papan/triplek ukuran 80 cm x 120 cm serta kain kanvas berspanram ukuran 60 cm x 80 cm disiapkan panitia.
  7. Perlengkapan, seperti: mistar, cat berwarna, pena gambar, dan perlengkapan lainnya disiapkan oleh masing?masing peserta.
  8. Tahapan Musabaqah :
    1. Persiapan
    2. Penentuan Meja Peserta Dilaksanakan 30 Menit Sebelum Musabaqah Dimulai.
    3. Pelaksanaan
      1. Peserta Ditempatkan Sesuai Dengan Nomor Peserta Pada Meja, Dan Peserta Mendapatkan Perlengkapan.
      2. Panitia Membagikan Ayat?Ayat Al-Qur’an Yang Dilombakan (Maktub).
      3. Waktu Yang Disediakan Adalah 8 Jam Termasuk Istirahat.&Nbsp;
    4. Babak Penyisihan Diikuti Seluruh Peserta
    5. Babak Final Diikuti Oleh Peserta Yang Memperoleh Nilai Tertinggi Pada Babak Penyisihan Yang Terdiri Dari 6 Orang Peserta Putra Dan 6 Orang Peserta Putri
  9. Penetapan peserta terbaik berdasarkan urutan nilai tertinggi yang diberikan oleh Dewan Hakim.